Sunday, February 21, 2010

Buang lah sampah sembarangan!

*pada tempat yang benar

Emosi sekali rasanya. Setiap hari jalan kaki mau berangkat kerja pasti ada saja sampah-sampah gak jelas dimana-mana. Kenapa ya orang-orang itu gak cinta sama lingkungan mereka sendiri? Kok tega-teganya ngotorin sana-sini. hhhhhh.... Kalo ditanya, jawabannya "yaah, semua juga gitu" atau "yaudah lah gak denda ini" atau "gapapa cuma dikit kok". Gara-gara masalah budaya yang jelek ini, Indonesia gak akan pernah jadi negara teratur yang bersih dan tertib! :(

Oleh karena itu, bagi anda-anda yang sering bertemu dengan masalah ini! *Atau mungkin terlibat dengan masalah ini :P. Saya punya solusinya. Bagaimana caranya agar habit kita yang buruk ini tidak menodai lingkungan kita tercinta. Intinya adalah, buanglah sampah secara sembarang pada tempat yang benar. Tempat yang benar itu maksudnya apa? Maksudnya tempat yang pasti akan dibersihkan di lain waktu.

Studi kasus 1:

Lagi diangkot, mau buang sampah kemasan minuman. Jangan buang di jalan!! Buang aja di angkotnya. Kalo buang dijalan malah mengotori jalanan, sampahnya jadi limbah gak jelas, apalagi kalo sampai masuk got dan bisa buat saluran buntu, yang akibat fatalnya bisa banjir.... Tapi kalo di dalem angkot, angkot itu tiap hari dibersihin. Dan sampah kita ujung2nya bakal pergi ke tempat sampah. Kita menodai tempat umumnya temporary doang. Yah, parahnya paling di sepet ama kernet atau sopirnya.

Studi kasus 2:

Lagi jalan-jalan ke pantai. Mentang-mentang laut itu luas banget jadi sembarangan buang sampah! Buangnya jangan ke lautnya! Buang ke tempat umum deket pantai aja, lagi-lagi tempat yang pasti dibersihin oleh orang lain.

Dari studi kasus diatas udah jelas ya? Tentang apa yang dimaksud buanglah sampah sembarangan pada tempatnya! Intinya jangan buang sampah ke tempat2 yang justru gak diliat orang, atau tempat2 yang bisa menyamarkan sampah kita. Itu malah bikin kotor. Tapi buanglah ke tempat yang sekiranya disitu ada yang bersihin. NAMUN INGAT! ini metode yang gak bisa dipraktekin di setiap situasi juga lho! Mentang-mentang ada tempat yang pasti dibersihin kita malah ngotor2in gak jelas, terus kita juga harus liat-liat sampah yang mau dibuang apa, kalo sampah yang basah dan bau gitu ya dibuangnya bener2 di tempat yang semestinya. Kalo sampah masyarakat buangnya ke laut aja gak papa hahahaha. Pokoknya ya pinter2nya kita aja liat situasi. Selama ada tempat sampah ngapain kita pake tempat yang lain kan? Sip!

4 comments:

  1. couldn't agree more waf!!!
    gw jg heran sama org yg buang sampah sembarangan..
    ga bisa sabar ampe nemu tempat sampah apa ya?!
    ato ga bisa ngeluarin effort dikit untuk cari tempat sampah gitu?!
    heraann heraaann

    ReplyDelete
  2. eh eh eh..
    Jepang kan bersih banget ya. tapi tau ga? ga ada satu tempat sampah umum pun di jalan. jadi kalo orang punya sampah ya sampahnya di bawa pulang ke rumah. ckckck..
    padahal Indonesia kayanya banyak tempat sampah umum deh ya. tapi paling banter umurnya beberapa bulan, terus rusak deh. so sad..

    ReplyDelete
  3. ahahhaha setuju ama lo sih gw waf tp lkok yah tetep sembarangan ahahahhaha,,,,bisa diamuk orang tuh klo gtu hehehe :p

    ReplyDelete
  4. @ jopan: woow mantab ya! ih doain saya bisa kesana ahahah

    @angten: namanya juga alternatif buat yang males nggi.. hehehe daripada ngaco sembarangannya, mending diatur kalo mau sembarangan! tapi emang yang bener ya harus buang ke tempat sampah sih. :)

    ReplyDelete