Monday, March 02, 2009

Jangan Jajan Gorengan Sembarangan!

Kalo ga makan gorengan rasanya ada yang kurang. Gorengan itu enak banget, nikmat, dan kriuk2 maknyuss! ahahahaha.. ini kalimaat-kalimat yang biasa ada dipikiran saya setiap kali bertemu abang2 ato mang2 penjajah gorengan depan itb ato deket2 tempat kosan.

Tiga hari yang lalu tenggorokan saya mulai gatal2 pertanda mau terserang radang tenggorokan. Kalo udah kena randang tenggorokan, statistically speaking, pertanda saya akan terkena penyakit flu a.k.a batuk, pilek, demam. Akhirnya saya mikir2 lagi, kira-kira apa yang menyebabkan tenggorokan saya tiba2 sakit seperti ini. Padahal semester ini saya belum pernah begadang atau main-main sampai kehabisan energi. Akhirnya muncul pikiran dibenak saya akan makanan gorengan.. Wah wah.. ini pasti gara2 gorengan. Selama dua hari berturut2 saya selalu jajan gorengan setelah selesai makan malam (jadi dessert gitu deh.. hehe)

Kemudian saya coba cari-cari info lewat internet, dan ternyata benar! Gorengan ini jadi sumber banyak penyakit. Mengonsumsi gorengan yang lazim dijual di pinggir jalan dan di banyak tempat di pinggir jalan memang sangat berisiko. Makanan gorengan umumnya dimasak dengan minyak goreng hasil pengulangan dalam suhu tinggi dan jangka waktu lama (deep frying). Minyak goreng bekas juga sering menjadi penyebab alergi dan mengakibatkan radang tenggorokan.

Selain radang tenggorokan, ternyata banyak juga bahaya penyakit lain yang dapat ditimbulkan oleh gorengan. Karena, gorengan ini memberikan kontribusi tertinggi terhadap asupan asam lemak trans. Asam lemak jenis ini menjadi salah satu penyebab meningkatnya penyakit akibat penyumbatan pembuluh darah, salah satunya adalah penyakit jantung koroner. wuidiih.. serem juga kalo kena penyakit jantung! mungkin efeknya tidak secara langsung, namun jika kita terbiasa makan gorengan dan merasa aman dalam memakan gorengan untuk jangka waktu yang lama dampaknya dapat terasa saat usia kita bertambah.

Hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah ini semua salah satunya adalah dengan olah raga teratur, dan menjaga pola makan sehat kita! sesekali berpuasa juga baik untuk menjaga sirkulasi lemak yang tersimpan dalam tubuh kita. Dan untuk menncegah terhadap radang tenggorokan, sebaiknya kita menjaga kebersihan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh kita. Karena kuman juga dapat menjadi penyebab utama radang tenggorokan. Kuman pada gigi (karena gigi berlubang, sering2 sikat gigi dan cek kesehatan gigi anda) dan kuman pada makanan.

sumber:
http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=286563&kat_id=13
http://www.vibizlife.com/health_details.php?pg=health&id=11383&sub=health&awal=50&page=6

No comments:

Post a Comment